Berikut adalah contoh RPP Pkn Kelas 3 Semester 1. Semoga bermanfaat untuk kalian semua 🙂
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Disusun untuk Memenuhi Tugas Mata Kuliah
Pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan SD
Dosen Pengampu: Drs. Hasan Mahfud M.Pd
Disusun oleh :
Annisa’ Nur Latifah (K7115019)
5A PGSD
PROGRAM STUDI PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN
UNIVERSITAS SEBELAS MARET
SURAKARTA
2017
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Nama Sekolah : SD Tunas Bangsa
Mata Pelajaran : Pendidikan Kewarganegaraan
Kelas : III (Tiga)
Semester : I (Satu)
Tahun Ajara : 2017/ 2018
Alokasi Waktu : 1 x 35 menit (1 pertemuan)
Standar Kompetensi
2. Melaksanakan aturan-aturan yang berlaku di lingkungan masyarakat sekitar.
Kompetensi Dasar
2.3 Melaksanakan aturan – aturan yang berlaku di lingkungan masyarakat sekitar.
Indikator
Kognitif
- Mengidentifikasi tindakan melaksanakan aturan yang berlaku.
- Mengidentifikasi tindakan melanggar aturan yang berlaku.
- Menjelaskan akibat melanggar aturan yang berlaku di masyarakat, khususnya aturan di sekolah.
Afektif
- Menampilkan sikap menaati aturan yang berlaku di masyarakat, khususnya aturan di sekolah.
Psikomotor
- Melaksanakan aturan yang berlaku di masyarakat, khususnya aturan di sekolah.
- Tujuan Pembelajaran
Kognitif
- Melalui video pemebelajaran, siswa dapat mengidentifikasi tindakan melaksanakan aturan yang berlaku di masyarakat dengan tepat.
- Setelah penjelasan dari guru, siswa dapat mengidentifikasi tindakan melanggar aturan yang berlaku di sekloah dengan benar.
- Melalui tanya jawab, siswa dapat menjelaskan akibat melanggar aturan yang berlaku di masyarakat, khususnya aturan di sekolah dengan tepat.
Afektif
- Melalui kegiatan pembelajaran, siswa mampu melaksanakan aturan yang berlaku disekolah dengan baik.
Psikomotor
- Melalui bermain peran, siswa dapat melakukan simulasi pelaksanaan aturan yang berlaku di masyarakat, khususnya aturan di sekolah dengan baik.
- Materi Pembelajaran
Melaksanakan aturan yang berlaku di masyarakat, khususnya aturan yang berlaku di sekolah.
- Pendekatan dan Metode Pembelajaran
- Model : Cooperatif Learning ( Role Playing)
- Metode : Ceramah, tanya jawab, bermain peran, diskusi kelas, dan penugasan.
- Kegiatan Pembelajaran
Kegiatan | Deskripsi Kegiatan | Alokasi Waktu
(menit) |
Kegiatan Pendahuluan | a. Guru mengkondisikan kelas.
b. Guru mengucap salam dan dilanjutkan dengan berdoa bersama siswa. c. Guru melakukan presensi siswa. d. Guru melakukan apersepsi dengan menyanyikan lagu “Sopan Santun” . e. Guru menyampaikan tujuan pembelajaran yang harus dicapai oleh siswa. f. Siswa diberikan motivasi agar bersungguh-sungguh mengikuti pembelajaran. |
5’ |
Kegiatan Inti | Eksplorasi
a. Siswa melihat video yang ditampilkan oleh guru. b. Siswa bertanya jawab dengan guru tentang video yang ditayangkan. Elaborasi a. Siswa dibagi menjadi 3 kelompok. b. Guru membagikan skenario untuk bermain peran yang akan dilakukan siswa. c. Siswa memperhatikan penjelasan dari guru yang berkaitan dengan tugas bermain peran. d. Siswa berdiskusi memahami tugas bagaimana bermain peran anggota kelompok yang ditentukankan oleh guru. e. Guru memanggil satu per satu kelompok untuk tampil bermain peran di depan kelas. Konfirmasi a. Siswa memperhatikan penguatan yang disampaikan oleh guru tentang pembelajaran pada hari itu. b. Siswa diberikan kesempatan untuk bertanya tentang hal-hal yang belum dipahami. c. Guru menjelaskan kembali aturan yang berlaku di lingkungan sekolah dan akibat melanggar aturan tersebut. d. Guru mengingatkan siswa mengenai pentingnya melaksanakan aturan-aturan yang berlaku di masyarakat, khususnya di sekolah sekitar. |
5’
15’
5’ |
Kegiatan Penutup | a. Siswa bersama guru membuat kesimpulan dari materi pembelajaran yang telah dipelajari pada hari itu.
b. Siswa mengerjakan soal evaluasi secara mandiri. c. Guru memberikan tindak lanjut dengan mengingatkan kembali untuk mempelajari kembali materi mengenai aturan yang berlaku di masyarakat, khususnya di sekolah dan melaksanakan aturan tersebut. d. Guru mengakhiri pelajaran dengan mengajak semua siswa berdoa sesuai dengan agama dan kepercayaan masing-masing kemudian mengucap salam serta mempersilakan siswa untuk pulang. |
5’
|
- Media dan Sumber Belajar
Media
- LCD
- Video
- Skenario bermain peran (script)
Sumber Belajar
- Sulaeman, Momon dkk. 2006. Pendidikan Kewarganegaraan untuk SD Kelas III. Erlangga: Jakarta. Halaman 1 – 20.
- Penilaian
- Jenis/ Teknik Penilaian
- Penilaian Sikap (Afektif)
- Teknik : Non Tes
- Instrumen : Lembar Observasi Sikap
- Penilaian Pengetahaun (Kognitif)
- Teknik : Tes
- Instrumen : Lembar Soal
Surakarta, 14 November 2017
Mengetahui,
Kepala Sekolah Simulator
Drs. Hasan Mahfud, M.Pd Annisa’ Nur Latifah
NIP: NIM: